Cara Mempercepat Kinerja Internet Explorer

Cara Mempercepat Kinerja Internet Explorer

In News by wpadmin

Internet Explorer, sebuah peramban web yang dianggap sangat menjengkelkan bagi sebagian besar pengguna internet. Hal ini disebabkan lambannya pengoperasian dari browser milik Microsoft tersebut meskipun komputer memiliki koneksi internet yang cukup kencang.

Namun, tahukah Anda jika kita sesungguhnya bisa mempercepat kinerja dari Internet Explorer? Berikut ini adalah beberapa cara untuk memperbaiki kinerja peramban web Internet Explorer Anda sehingga membuat pengalaman berselancar di internet Anda menjadi lebih baik dan nyaman.

  1. Gunakan Peramban Web Internet Explorer Versi Terbaru

Selalu pastikan Anda sudah memiliki versi terbaru dari Internet Explorer. Dengan menggunakan versi terbaru dari peramban web tersebut, Anda akan mendapatkan peningkatan pada fungsi dan juga performa dari Internet Explorer.

Versi terbaru dari Internet Explorer dapat Anda unduh secara langsung melalui halaman situs resmi dari Microsoft di www.microsoft.com/ie

  1. Cek Add-ons yang Terpasang pada Internet Explorer Anda

Selama menggunakan peramban web Internet Explorer, mungkin Anda sebagai pengguna menginstall beberapa add-ons yang berlebihan yang pastinya membuat browser anda menjadi lebih berat. Misalnya seperti add-ons Youtube, Internet Download Manager, translat, dan lain sebagainya. Add-ons yang disebutkan tersebut sangatlah berat bagi peramban web macam Internet Explorer sehingga membuat performanya menjadi lamban.

Maka ada baiknya jika Anda mencopot atau menguninstall add-ons tersebut atau menjalankan Internet Explorer tanpa add-ons agar kinerjanya menjadi lebih cepat.

Baca Juga: Mengatasi Suara Hilang Pada Internet Explorer

Anda dapat menguninstall add-ons dengan cara mengklik Start, lalu pilih All Programs, selanjutnya pilih Accessories, dan pilih System Tools,  lalu yang terakhir klik Internet Explorer dan pilih no add-ons untuk menjalan peramban web tersebut tanpa menggunakan add-ons.

  1. Reset Pengaturan atau Settings dari Internet Explorer

Hasil pengaturan yang dimiliki peramban web Internet Explorer terkadang membuat proses berselancar di internet. Setting dari Internet Explorer dapat berubah sesudah mendapatkan update dari Microsoft.

Namun, Anda dapat mengatur ulang settings dari Internet Explorer ini dengan cara mengklik tab tools pada Internet Explorer, lalu memilih internet option, selanjutnya di tab advance klik tombol reset. Setelah itu, Anda dapat menjalankan Internet Explorer dengan lebih lancar.

Internet Explorer

  1. Menghapus File-File Temporary

Cara selanjutnya untuk mempercepat kinerja dari peramban web Internet Explorer Anda adalah dengan menghapus file-file temporary dalam komputer Anda yang tersimpan pada Internet Explorer. Hal ini karena file-file temporary memakan kapasitas memori Anda sehingga membuat kinerja Internet Explorer menjadi lambat.

Selain itu, hapus juga file prefetch dan internet cookies yang ada pada peramban web Anda.

Untuk menghapus file temporary, Anda dapat melakukannya dengan cara mengklik Start, lalu pilih Run dan ketik “%temp%” di dalamnya lalu klik OK.

Selanjutnya, untuk menghapus file prefetch dalam peramban web Internet Explorer Anda, dapat dilakukan dengan cara mengklik Start, lalu pilih Run dan ketik “prefetch” di dalamnya lalu klik OK.

Dan yang terakhir, cara untuk menghapus internet cookies dalam browser buatan Microsoft tersebut adalah dengan mengklik tab Tools pada Internet Explorer lalu pilih Internet Options.

 

Cara-cara yang telah disebutkan di atas seharusnya dapat membantu Anda untuk mengatasi kelambatan yang sudah menjadi ciri khas dari Internet Explorer. Setelah menerapkan tips-tips tersebut, Anda sebagai pengguna diharapkan mendapatkan pengalaman berselancar di dunia internet yang jauh lebih baik dari sebelumnya.