Internet Explorer Memilki 3 Fakta Unik yang Jarang Diketahui

Internet Explorer Memilki 3 Fakta Unik yang Jarang Diketahui

In News by wpadmin

Internet telah berkiprah di kehidupan manusia sudah hampir tiga dekade lamanya. Kini, hampir separuh individu manusia pernah mengakses internet. Jumlah itu baru yang pernah mengakses internet, belum lagi yang hanya mengetahui internet.

Tak dapat dipungkiri lagi, internet memang sudah melekat erat dengan kehidupan manusia. Banyak para pengusaha yang jeli dalam melihat peluang di dunia internet. Mereka bisa memanfaatkan setiap celah yang ada di internet untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Tak butuh waktu lama sejak internet diluncurkan, banyak pengembang yang berusaha untuk menciptakan produk-produk yang berkaitan dengan dunia internet dan perkomputeran.

Akhirnya, lahirlah provider koneksi internet, peramban website, dan pengembang situs-situs di internet. Ketiga hal tersebut sangatlah berkaitan dengan internet. Tanpa adanya mereka, kita belum tentu bisa menikmati internet seperti sekarang ini.

Dunia peramban website mulai populer saat munculnya peramban-peramban perintis seperti Mosaic dan Netscape Navigator. Sejak lahirnya peramban-peramban tersebut, para pengembang mulai bergerak mengikuti jejak Spyglass (pengembang Mosaic) dan Netscape (pengembang Netscape Navigator) di dunia peramban website.

Setelah Microsoft membeli lisensi peramban Mosaic, terciptalah peramban website buatan Microsoft, yaitu Internet Explorer. Peramban website yang berlogo kuning biru itu sudah sangat melekat dengan para pengguna internet. Hampir setiap pengguna internet pasti pernah memakai Intenet Explorer, entah untuk berselancar di dunia internet ataupun untuk mengunduh peramban intenet lainnya.

Meski kini Internet Explorer sudah mati alias berhenti melakukan pengembangan versi, Internet Explorer mempunyai sejuta kenangan bagi penggunanya. Entah itu kenangan manis maupun pahit, tetap saja suatu saat nanti pasti kita akan merindukannya.

Di balik sejuta kenangan itu, peramban internet yang sudah berkiprah selama dua puluh tahun itu memiliki beberapa fakta unik yang jarang diketahui oleh masyarakat luas. Apa saja kah fakta-fakta unik dari Internet Explorer tersebut? Berikut ulasannya.

  1. Proses Penciptaannya Berasal dari Mosaic

Microsoft menciptakan Internet Explorer bukanlah murni dari pihak Microsoft, melainkan melalui proses panjang negosiasi dengan pengembang peramban website lainnya. Mungkin banyak yang mengira Microsoft sebagai perusahaan hebat mampu membuat sendiri peramban websitenya. Akan tetapi, ternyata Microsoft membutuhkan pengembang peramban website lainnya.

Proses Penciptaannya Berasal dari Mosaic

Awal mula terbentuknya Internet Explorer adalah ketika Microsoft berniat memiliki peramban websitenya sendiri, namun tidak ingin kesulitan dalam melakukan coding. Untuk itu, Microsoft memutuskan untuk membeli lisensi dari Netscape Navigator. Usaha untuk membeli lisensi Netscape Navigator tidak berhasil karena pihak Netscape menolak negosiasi tersebut.

Microsoft tidak berputus asa dalam menciptakan peramban websitenya. Mereka mencoba membeli lisensi Mosaic dari Spyglass. Akhirnya lisensi Mosaic didapatkan oleh Microsoft. Namun, Microsoft terus memodifikasi Mosaic sehingga terciptalah Internet Explorer.

  1. Internet Explorer 6 Merupakan Versi Terburuk

Hingga kini, Internet Explorer sudah memiliki 11 versi yang berbeda. Meskipun di setiap versi selalu memiliki kelemahan, Internet Explorer 6 adalah versi yang bisa dibilang paling parah. Banyak orang yang tidak menyukai Internet Explorer 6.

Internet Explorer 6 Merupakan Versi Terburuk

Ketidaksukaan masyarakat terhadap Internet Explorer 6 diakibatkan oleh performa yang sangat lamban serta sering terjadi bugs. Tidak hanya lag dan bugs, versi ini diperparah dengan seringnya crash.

Baca Juga: Cara Mempercepat Kinerja Internet Explorer

Karena muaknya para pengguna, versi ini sempat dijadikan lelucon oleh warga net. Mereka juga pernah membuat kampanye anti-Internet Explorer 6. Pihak Microsoft pun mencabut dukungannya terhadap Internet Explorer 6 dan menutupnya pada 2014

  1. Terdapat Pengganti dari Internet Explorer

Internet Explorer memang sudah resmi terhenti pada versi 11. Hal ini mungkin membuat para pengguna setianya merasa kehilangan. Perjalanan selama 20 tahun Internet Explorer sudah dilalui. Tahun 2002—2003 adalah masa kejayaan Internet Explorer di mana mereka menguasai 90% pasar.

Terdapat Pengganti dari Internet Explorer

Sayang, setelah dua dekade berkiprah, Internet Explorer akhirnya resmi ditutup. Untuk para pengguna setianya tidak perlu terlalu sedih. Microsoft telah menyiapkan pengganti dari Intenet Explorer. Edge merupakan penerus dari Internet Explorer. Peramban ini diharapkan dapat melanjutkan perjalanan Interner Explorer di dunia peramban website.