Mengatasi Suara Hilang Pada Internet Explorer

Mengatasi Suara Hilang Pada Internet Explorer

In News by wpadmin

Berselancar di dunia maya merupakan kegiatan yang hampir dilakukan semua orang di dunia. Untuk mengakses dunia maya, Sebagian orang menggunakan peramban-peramban populer seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox, tak jarang pula yang masih menggunakan peramban penuh bug seperti Internet Explorer karena alasan tertentu.

Bagi Anda yang masih menggunakan Internet Explorer, mungkin pernah beberapa kali mengalami bug tidak keluarnya suara saat memainkan audio atau video melalui peramban ini. Hal ini tentunya sangat mengesalkan terlebih bila audio dan video yang sedang diputar merupakan bagian dari pekerjaan penting. Maka dari itu, berikut kami sajikan langkah-langkah yang bisa Anda coba untuk memperbaiki masalah tersebut.

  1. Periksa Apakah Suara pada Internet Explorer Telah Diaktifkan

Pertama, buka Internet Explore. Kemudian tekan “ALT + T” atau klik “Tools”, lalu pilih “Internet options”. Setelah window Internet Option terbuka, kilk tab “Advance”. Kemudian pada bagian “Multimedia” ceklis pada kotak yang bertuliskan “Play sounds in webpages”. Klik “OK”, kemudian hidupkan ulang komputer Anda untuk memastikan perubahan.

  1. Hapus Flash Player Setting

Buka “Control Panel” pada komputer Anda, lalu klik “View by” dan pilih “Small Icons”. Kemudian, klik pada “Flash Player (32-bit)” untuk membuka pengaturan Flash Player. Setelah terbuka, pilih tab bertuliskan “Advanced”. Pada bagian “Browsing Data and Settings, klik tombol yang bertuliskanDelete All…”.

Setelah menu baru terbuka, ceklis pada box “Delete All Site Data and Settings” dan klik tombol “Delete Data” pada bagian menu paling bawah.

  1. Hilangkan Ceklis pada ActiveX Filtering

Buka Internet Explore lalu klik ikon berbentuk gir pada bagian atas kanan peramban. Klik pada bagian bertuliskan Safety kemudian klik pada “ActiveX Filtering” untuk menghilangkan ceklis. Hidupkan ulang komputer Anda untuk memastikan adanya perubahan.

  1. Nonaktifkan Semua Add-ons pada Internet Explorer

Buka kotak pencarian lalu ketik “Command Prompt” tanpa tanda petik pada komputer Anda, lalu klik “Command Prompt”. Setelah terbuka, ketikkan perintah berhuruf miring tebal di bawah ini pada Command Prompt :

“%ProgramFiles%\Internet Explorer\iexplore.exe” -extoff

Perintah di atas akan membuka Internet Explorer tanpa add-ons.

Internet Explorer

Setelah Internet Explorer tanpa add-ons terbuka, di bagian paling bawah peramban terdapat  kotak pemberitahuan yang bertuliskan “Add-ons are currently disabled”, klik pada tombol “Manage Add-ons” pada kotak pemberitahuan tersebut.

Jika Anda tidak mendapatkan pemberitahuan tersebut, pada Internet Explorer tanpa add-ons Anda bisa menekan “ALT + T” lalu pilih “Manage Add-ons”. Setelah menu Manage Add-ons muncul, klik “Toolbars and Extension” lalu matikan semua add-ons yang ada.

Untuk mempercepat mematikan semua add-ons, klik salah satu add-ons kemudian tekan “CTRL + A” untuk memilih semua add-ons yang ada, lalu klik pada tombol yang bertuliskan “Disable All”. Setelah semua add-ons dinonaktifkan, hidupkan ulang PC Anda.

Baca Juga: Ternyata Internet Explorer 11 Memiliki Beberapa Kekurangan

Bila masalah berhasil teratasi dengan langkah ini, bisa dipastikan terdapat add-ons yang menggangu pada Internet Explorer Anda. Coba hidupkan kembali satu per satu add-ons yang ada untuk mengetahui add-ons mana yang bermasalah.

  1. Cek Pengaturan Suara Internet Explorer di Volume Mixer

Buka Internet Explore lalu klik ikon “speaker” pada taskbar. Kemudian, klik pada ”Volume Mixer”.

Setelah menu Volume Mixer terbuka, pastikan pengaturan volume suara Internet Explorer tidak mati atau muted.  Jika volume suara Internet Explorer terlalu rendah, naikkan suaranya hingga maksimal.

Cek apakah suara pada Internet Explorer sudah muncul dengan cara membuka file atau website yang mengandung audio menggunakan Internet Explorer.