Microsoft Edge Wajah Baru dari Internet Explorer

Microsoft Edge Wajah Baru dari Internet Explorer

In News by wpadmin

Bagi Anda yang sering berselancar di web, pasti tidak asing dengan browser yang bernama Internet Explorer. Browser yang pertama kali dikeluarkan pada 16 Agustus 1995 oleh Microsoft ini dikenal sebagai peramban web yang sangat lambat di kalangan para pengguna internet. Maka tak heran, Internet Explorer menjadi pilihan terakhir ketika ingin mengakses internet.

Namun, pada 2015 lalu, perusahaan perangkat lunak asal Amerika Serikat tersebut telah meluncurkan peramban web terbaru untuk menggantikan Internet Explorer, yaitu Microsoft Edge. Browser yang pada awalnya dikembangkan dengan nama kode Project Spartan ini menjadi peramban web bawaan pada komputer dan laptop yang sudah menggunakan sistem operasi Windows 10. Selain itu, Microsoft Edge juga tersedia dalam smartphone yang mengusung sistem operasi yang sama.

Microsoft Edge dirancang secara modern untuk memberikan pengalaman berselancar di internet yang lebih baik dan mudah bagi para pengguna. Meskipun memiliki logo yang hampir mirip dengan pendahulunya, fitur-fitur dan performa yang dimiliki oleh Microsoft Edge berbeda dan tentunya jauh lebih baik dari Internet Explorer.

Berikut ini adalah beberapa fitur yang membuat Microsoft Edge berbeda dari Internet Explorer:

  1. Cortana

Fitur unggulan yang dimiliki oleh Microsoft Edge adalah sudah terintegrasi dengan Cortana. Cortana sendiri merupakan kecerdasan buatan/artificial intelligence (AI) buatan Microsoft yang difungsikan sebagai asisten pribadi bagi pengguna sistem operasi Windows 10.

Cortana memungkinkan para pengguna Microsoft Edge untuk menjelajah internet hanya dengan menggunakan perintah suara saja sehingga pencarian di internet menjadi lebih mudah. Alasan mengapa Cortana menjadi fitur andalan dari Mircrosoft Edge adalah karena fitur canggih tersebut belum dimiliki oleh peramban web yang lain.

  1. PDF Reader

Kebanyakan pengguna yang menggunakan peramban web seperti Chrome atau Mozilla Firefox harus mengunduh terlebih dahulu jika ingin melihat dokumen yang memiliki format PDF.

Namun, hal ini berbeda jika menggunakan Microsoft Edge sebagai peramban web sebab terdapat fitur PDF Reader. Fitur tersebut memungkinkan para pengguna untuk membaca dokumen berformat PDF secara langsung tanpa mengunduhnya terlebih dahulu.

  1. Reading View

Microsoft Edge

Fitur yang satu ini tak jauh berbeda dengan fitur Reading Mode milik browser Safari buatan Apple.Reading View memungkinkan pengguna Microsoft Edge untuk membaca konten di sebuah halaman situs web dengan nyaman tanpa harus terusik dengan gangguan-gangguan yang ada dalam halaman web tersebut seperti iklan dan lain sebagainya. Selain itu, pengguna juga dapat menyimpan  halaman situs tertentu secara offline untuk dibaca lagi pada saat tidak sibuk.

  1. Make a Web Note

Dengan menggunakan Make a Web Note, pengguna dapat langsung memberikan catatan di sebuah halaman situs. Pengguna dapat mencoret-coret layaknya di aplikasi Paint menggunakan perangkat seperti pensil, stabilo, dan pena yang sudah disediakan dalam Microsoft Edge.

Untuk perangkat layar sentuh, pengguna Microsoft Edge dapat dengan leluasa mencoret-coret halaman situs menggunakan stylus pen. Sedangkan untuk pengguna komputer dapat menggunakan mouse dan keyboard.

Baca Juga: Cara Menjalankan Microsoft Edge Windows 7 dan 8.1

  1. Plugin Extensions

Hal terakhir yang menjadi fitur pembeda antara Microsoft Edge dengan Internet Explorer adalah Plugin Extensions yang umumnya sudah dimiliki browser-browser lainnya sedari dulu. Namun, fitur ini baru dimunculkan oleh Microsoft dalam Microsoft Edge. Maka tak heran Internet Explorer terkesan ketinggalan jaman dibanding peramban web lainnya.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan kostumisasi pada tampilan antarmuka Microsoft Edge. Kostumisasi yang dimaksud adalah mengubah tema, memberi extensions, dan juga menggunakan add-ons.