Sempat Terkucilkan, Seperti Inilah Sejarah Internet Explorer

Sempat Terkucilkan, Seperti Inilah Sejarah Internet Explorer

In News by wpadmin

Dunia internet telah hadir di kehidupan manusia sejak akhir milenium. Hal ini merupakan kemajuan yang tentu berdampak sangat besar terhadap gaya hidup masyarakat modern di dunia.Untuk dapat mengakses internet, tentu diperlukan koneksi dan perangkat lunak dalam menghubungkan perangkat komputer ke dunia internet.

Perangkat lunak untuk mengakses internet kini sangatlah beragam. Ada yang berasal dari bawaan sistem operasi komputer, ada juga yang perlu diunduh terlebih dahulu untuk dapat mengoperasikannya. Internet Expoler merupakan salah satu peramban web yang telah lama berkiprah di dunia digital. Internet Explorer pertama kali muncul pada tahun 16 Agustus 1995. Nama pertama Internet Explorer adalah Microsoft Internet Explorer atau biasa disingkat IE da MSIE.

Peramban web yang berlambangkan huruf ā€œeā€ ini pertama kali hadir di sistem operasi Windows 95. Browser ini dirintis sejak pertengahan tahun 1994 oleh Thomas Reardon. National Center for Supercomputing Applications atau NCSA adalah program kerja sama beberapa negara bagian di Amerika dalam dunia saiber. Pada tahun 1994 peramban web Mosaic rancangan Marc Andresseen dan Eric Bina telah hadir.

Marc Andresseen memutuskan untuk keluar dari NCSA. Setelah ia meninggalkan NCSA, ia membentuk Mosaic Communication Corporation. Spyglass akhirnya mengambil lisensi peramban web Mosaic buatan NCSA. Spyglass menulis ulang coding Mosaic yang awalnya berbeda di berbagai sistem operasi (Windows, UNIX, dan Mac), dan telah disamakan untuk setiap platform.

Marc Andresseen mengubah nama Mosaic Communication Corporation menjadi Netscape Communication Corporation yang pada akhirnya bernama Netscape Navigator. Hal ini dilakukan oleh Marc Andresseen demi menghindari konflik dengan Spyglass karena pengambilalihan lisensi Mosaic.

Mircosoft melihat peluang dari dunia peramban web browser. Mereka tidak menyianyiakan peluang tersebut dan langsung bergerak untuk mempunyai peramban web juga. Karena tidak ingin melakukan coding dari awal, Mircrosoft mencoba untuk medekati Netscape dan mengambil alih lisensi dari peramban web Netscape Navigator. Sayang, usaha untuk mengambil alih Netscape Navigator ditolak oleh pihak Netscape.

Sejarah Internet Explorer

Microsoft yang gagal mengambil alih Netscape Navigator pun tidak kehabisan ide. Mereka menemui Spyglass untuk mencoba membeli lisensi Mosaic. Mosaic pun akhirnya menyutujuinya. Setelah merombak dan memodifikasi Mosaic, lahirlah Internet Explorer 1.0 di Windows 95 pada Agustus 1995.

Tidak sampai satu tahun kemudian, generasi penerus Internet Explorer 1.0 lahir. Ia adalah Internet Explorer 2.0 yang diluncurkan pada awal tahun 1996. Internet Explorer 2.0 memiliki pengembangan internal seperti mendukung HTTP Cookie dan SSL. Satu tahun sejak diluncurkannya Internet Explorer generasi pertama, lahirlah generasi ketiga dari Internet Explorer. Internet Explorer 3 muncul pada Agustus 1996. Internet Explorer 3 sudah tidak lagi menggunakan coding dari Spyglass. Karena memanfaatkan teknologi Spyglass, nama Spyglass masih tercantum di bagian informasi lisensi Internet Explorer.

Baca Juga: Internet Explorer Memilki 3 Fakta Unik yang Jarang Diketahui

Setelah itu semua, generasi penerus dari Internet Explorer terus tumbuh dan berkembang. Versi terus diperbaharui demi mengalahkan saingan pangsa pasar. Internet Explorer 6 mungkin merupakan versi yang paling bersejarah bagi Mircrosoft. Internet Explorer 6 memiliki pengguna terrtinggi sekitar 90% pada tahun 2002-2003. Versi ini sempat tidak didukung oleh berbagai pihak seperti Google dan YouTube.

Internet Explorer terus berkembang dan berkembang hingga kini. Internet Explorer 11 adalah versi paling terbaru dari Internet Explorer. Versi ini dirilis pada tanggal 17 Oktober 2013. Dengan berbagai perubahan yang ada, Internet Explorer tetap menjadi pilihan bagi pengguna internet di dunia ini. Meski sempat kalah saing dengan Chrome dan Mozilla, Internet Explorer perlahan-lahan mulai kembali ke masa kejayaannya karena pengembangan fitur-fiturnya yang semakin canggih.